bayuhidayat.if

Video of the Day

Saturday, November 4, 2017

Contoh SKPL Rekayasa Perangkat Lunak

SKPL-PEMBUATAN SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU
BERBASIS WEB
UNTUK TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN
PRAKTIKUM REKAYASA PERANGKAT LUNAK


Oleh :
Nama   : Bayu Hidayat
Nim     : 1157050029


















Jurusan Teknik Informatika – Fakultas Saintek UIN SGD Bandung
Nomor Dokumen
Halaman
SKPL-PSB

Revisi
<nomor revisi>
Tgl: 12-03-2017

DAPTAR PERUBAHAN
Revisi
Deskripsi
A



B



C



D



E



F



G




INDEX
TGL
-
A
B
C
D
E
F
G
Ditulis oleh








Diperiksa oleh








Disetujui oleh












Daftar Halaman Perubahan

Halaman
Revisi
Halaman
Revisi


























Daftar Isi
1. Pendahuluan........................................................................................................................... 5
1.1        Tujuan Penulisan Dokumen........................................................................................... 5
1.2        Lingkup Masalah........................................................................................................... 5
1.3        Definisi, Istilah  dan Singkatan..................................................................................... 5
1.4        Aturan Penomoran......................................................................................................... 5
1.5        Referensi........................................................................................................................ 5
1.6        Deskripsi umum Dokumen (Ikhtisar)............................................................................ 5
2     Deskripsi Umum Perangkat Lunak...................................................................................... 6
2.1        Deskripsi Umum Sistem................................................................................................ 6
2.2        Karakteristik Pengguna................................................................................................. 6
2.3        Batasan.......................................................................................................................... 6
2.4        Lingkungan Operasi...................................................................................................... 6
3     Deskripsi Kebutuhan............................................................................................................ 7
3.1        Kebutuhan Antarmuka Eksternal.................................................................................. 7
3.1.1            Antarmuka pemakai................................................................................................ 7
3.1.2            Antarmuka Perangkat Keras................................................................................... 7
3.1.3            Antarmuka Perangkat Lunak.................................................................................. 7
3.1.4            Antarmuka Komunikasi.......................................................................................... 7
3.2        Kebutuhan Fungsional................................................................................................... 7
3.2.1            Diagram Konteks.................................................................................................... 7
3.2.2            DFD Level 1........................................................................................................... 7
3.2.3            Spesifikasi Proses (P-SPEC)................................................................................... 7
3.2.4            Data Store............................................................................................................... 7
3.2.5            Kamus Data............................................................................................................ 7
3.3        Kebutuhan Data............................................................................................................ 7
3.3.1            E-R diagram............................................................................................................ 8
3.4        Kebutuhan Non Fungsional........................................................................................... 8
3.5        Batasan Perancangan..................................................................................................... 8
3.6        Kerunutan (traceability)................................................................................................. 8
3.6.1            Kebutuhan Fungsional vs Proses............................................................................ 8
3.6.2            Data Store vs E-R................................................................................................... 9
3.7        Ringkasan Kebutuhan................................................................................................... 9
3.7.1            Kebutuhan Fungsional............................................................................................ 9
3.7.2            Kebutuhan Non Fungsional.................................................................................... 9



1           Pendahuluan

1.1       Tujuan


Dokumen ini berisi Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) atau Software Requirement Spesification (SRS) untuk Aplikasi penerimaan Mahasiswa Baru.Tujuan dari penulisan dokumen ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai perangkat lunak yang akan dibangun baik berupa gambaran umum maupun penjelasan detil dan menyeluruh.

1.1         Lingkup Masalah

          SPD adalah perangkat lunak untuk manajemen data di sekolah  seperti biodata    siswa, jumlah mahasiswa yang masuk dan cara Bagaimana menampilkan gambar bergerak di web.
Permasalahan yang diangkat dalam menyelesaikan pembuatan Sistem inii ni adalah:Cara cepat pendaptaran dan tidak ada Duplikat data siswa.

1.2         Definisi, Istilah  dan Singkatan


Istilah, Akronim dan Singkatan
Keterangan
*      SKPL
*      Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak
Merupakan dokumen hasil analisis yang berisi spesifikasi kebutuhan user.
*      IEEE
Institute of Electrrical and Electronics Engineers, merupakan standar internasional untuk pengembangan dan rancangan perangkat lunak.
*      SRS
*      Software Requirement Spesification
Dokumen ini sama dengan SKPL.
*      DCD
*      Data Context Diagram
Merupakan diagram yang menggambarkan hubungan  sistem dengan lingkungannya.
*      DFD
*      Data Flow Diagram
 Diagram yang menggambarkan aliran data dan proses yang terjadi di dalam sistem.
*      DBMS
*      Database management system
Software atau tool yang digunakan untuk menyimpan data(database).
*      User
*      Orang yang menggunakan sistem.
*      ERD
*      Entity Relationship Diagram, merupakan diagram yang menggambarkan relas antara entiti dan atribut dari masing-masing entity.


1.3         Aturan Penomoran

1.5 Referensi

1.6     Deskripsi Umum Dokumen

Dokumen ini secara garis besar terdiri dari tiga bab dengan perincian sebagai berikut:
·         Bab 1 Pendahuluan, merupakan pengantar dokumen  SKPL yang berisi tujuan penulisan dokumen, lingkup masalah pengembangan perangkat lunak, juga memuat definisi, akronim dan istilah yang digunakan  serta deskripsi umum dokumen yang merupakan ikhtisar dokumen SKPL.
·         Bab 2 Deskripsi Global Perangkat Lunak, mendefinisikan perspektif produk perangkat lunak serta asumsi dan ketergantungan yang digunakan dalam pengembangan sistem.
·         Bab 3 Deskripsi Rinci Kebutuhan, mendeskripsikan kebutuhan khusus bagi sistem penerimaan siswa baru, , yang meliputi kebutuhan antarmuka eksternal, kebutuhan fungsionalitas, batasan perancangan, atribut sistem perangkat lunak dan kebutuhan lain dari sistem.

2           Deskripsi Umum Perangkat Lunak

2.1         Deskripsi Umum Sistem

          1.PenjelasanDeskripsi Umum Sistem 
Pendaftaran Siswa baru di sebuah Sekolah adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu Sekolah . Tanpa Siswa, sebuah Sekolah tidak akan bisa  berdiri, dan sebailknya, tanpa sebuah Sekolah, seseorang tidak akan bisa disebut dengan SIswa. Begitupun dengan sekolah (MA, DaRUL MUBTADIIN CARINGIN)”, adalah sebuah sekolah yang pasti akan berhubungan dengan Siswa. Tentunya, pada awal semester baru / tahun ajaran baru, (MA, DaRUL MUBTADIIN CARINGIN),
biasa menyelenggrakan system penerimaan Siswa baru untuk menunjang kebutuhan dasar dari proses penerimaan siswa baru. Dalam proses berjalannya system penerimaan siswa baru, tentu akan membutuhkan sebuah system yang baik untuk menyelesaikan permasalahn yang ada pada system penerimaan, mahasiswa baru di (MA, DaRUL MUBTADIIN CARINGIN).
 Untuk itulah Saya akan menjelaskan sebuah system berbasis web yang akan mempermudah proses penerimaan siswa baru. Dengan system online, akan memudahkan pihak Sekolah maupun siswa baru. Kebutuhan dari perangkat lunak ini adalah web design yang berisi info, alur proses dan pendaftaran siswa baru di (MA, DaRUL MUBTADIIN CARINGIN). Dengan informasi dan pendaftaran. Siswa baru dengan system online diharapkan akan mempermudah pihak Sekolah dan Siswa.



Siswa
Administrator
-          Input data
-          Edit data
-          Hapus data
-          Lihat data
-          File manager
-          Cetak laporan
-          Masukan data
-          Mengolah data Siswa





2. Definisi Actor
Actor
Definisi
User / Siswa
Actor ini berfungsi sebagai pengguna data dan menginsert data. Tujuannya adalah untuk mempermudah melakukan pendaftaran Siswa baru
Admin
Actor ini berfungsi sebagai pengolah data seperti menginput, menyimpan, mengupdate dan mengembangkan data.





2.2         Karakteristik Pengguna

Minimal sebuah tabel dengan Kolom : Pengguna, Pekerjaan, Hak Akses. Kolom Hak Akses dihubungkan dengan Fungsi utama yang muncul pada Fungsi Produk
Kategori Pengguna
Tugas
Hak Akses ke aplikasi







2.3         Batasan

Adapun batasan masalah system penerimaan Siswa baru ini yaitu:
            Sistem ini tidak dapat mengakses Siswa yang pindah. Siswa hanya bias daptar melaluli jalur onilen. Dan tidak membahas tentang keaman Sistem.

2.4         Lingkungan Operasi

Operating system, DBMS.

Aplikasi Client server ini akan berfungsi dengan spesifikasi :
OS : windows
DBMS : MySQL

3           Deskripsi Kebutuhan

3.1         Kebutuhan Antarmuka Eksternal.

3.1.1        Antarmuka pemakai

3.1.2        Antarmuka Perangkat Keras

3.1.3        Antarmuka Perangkat Lunak

3.1.4        Antarmuka Komunikasi

3.2         Kebutuhan Fungsional


ID
Kebutuhan
Penjelasan






































3.2.1        Diagram Konteks

3.2.2        DFD Level 1

Spesifikasi Proses (P-SPEC)

3.2.3        Data Store

3.2.4        Kamus Data

3.3         Kebutuhan Data

3.3.1        E-R diagram

3.4         Kebutuhan Non Fungsional


ID
Parameter
Kebutuhan

Availability


Reliability


Ergonomy


Portability


Memory


Response time


Safety
N/A

Security





Others 1: Bahasa komunikasi
Misalnya : semua tanya jawab harus dalam bahasa Indonesia


Setiap layar harus mengandung logo PT Pos Indonesia



 

.

3.5         Batasan Perancangan

3.6         Kerunutan (traceability)

3.6.1        Kebutuhan Fungsional vs Proses



ID Kebutuhan Fungsional
Nomor Proses




3.6.2        Data Store vs E-R


Data Store
Entity
Relasi

















3.7         Ringkasan Kebutuhan

3.7.1        Kebutuhan Fungsional


ID
Deskripsi

























3.7.2        Kebutuhan Non Fungsional

ID
Deskripsi




























Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet nostrum imperdiet appellantur appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.



0 komentar:

Post a Comment

Social Time

Facebook
Like Us
Google Plus
Follow Us
Twitter
Follow Us
Pinterest
Follow Us

Subscribe to our newsletter

(Get fresh updates in your inbox. Unsubscribe at anytime)