SKPL-PEMBUATAN SISTEM
PENERIMAAN SISWA BARU
BERBASIS
WEB
UNTUK TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN
PRAKTIKUM REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Oleh
:
Nama
: Bayu Hidayat
Nim
: 1157050029
![]() |
Jurusan Teknik Informatika – Fakultas Saintek UIN
SGD Bandung
|
Nomor
Dokumen
|
Halaman
|
|
SKPL-PSB
|
||||
Revisi
|
<nomor
revisi>
|
Tgl:
12-03-2017
|
||
DAPTAR PERUBAHAN
Revisi
|
Deskripsi
|
A
|
|
B
|
|
C
|
|
D
|
|
E
|
|
F
|
|
G
|
INDEX
TGL
|
-
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
Ditulis oleh
|
||||||||
Diperiksa oleh
|
||||||||
Disetujui oleh
|
Daftar
Halaman Perubahan
Halaman
|
Revisi
|
Halaman
|
Revisi
|
Daftar
Isi
1. Pendahuluan........................................................................................................................... 5
1.1 Tujuan Penulisan Dokumen........................................................................................... 5
1.2 Lingkup Masalah........................................................................................................... 5
1.3 Definisi, Istilah dan Singkatan..................................................................................... 5
1.4 Aturan Penomoran......................................................................................................... 5
1.5 Referensi........................................................................................................................ 5
1.6 Deskripsi umum Dokumen (Ikhtisar)............................................................................ 5
2 Deskripsi Umum Perangkat Lunak...................................................................................... 6
2.1 Deskripsi Umum Sistem................................................................................................ 6
2.2 Karakteristik Pengguna................................................................................................. 6
2.3 Batasan.......................................................................................................................... 6
2.4 Lingkungan Operasi...................................................................................................... 6
3 Deskripsi Kebutuhan............................................................................................................ 7
3.1 Kebutuhan Antarmuka Eksternal.................................................................................. 7
3.1.1 Antarmuka pemakai................................................................................................ 7
3.1.2 Antarmuka Perangkat Keras................................................................................... 7
3.1.3 Antarmuka Perangkat Lunak.................................................................................. 7
3.1.4 Antarmuka Komunikasi.......................................................................................... 7
3.2 Kebutuhan Fungsional................................................................................................... 7
3.2.1 Diagram Konteks.................................................................................................... 7
3.2.2 DFD Level 1........................................................................................................... 7
3.2.3 Spesifikasi Proses (P-SPEC)................................................................................... 7
3.2.4 Data Store............................................................................................................... 7
3.2.5 Kamus Data............................................................................................................ 7
3.3 Kebutuhan Data............................................................................................................ 7
3.3.1 E-R diagram............................................................................................................ 8
3.4 Kebutuhan Non Fungsional........................................................................................... 8
3.5 Batasan Perancangan..................................................................................................... 8
3.6 Kerunutan (traceability)................................................................................................. 8
3.6.1 Kebutuhan Fungsional vs Proses............................................................................ 8
3.6.2 Data Store vs E-R................................................................................................... 9
3.7 Ringkasan Kebutuhan................................................................................................... 9
3.7.1 Kebutuhan Fungsional............................................................................................ 9
3.7.2 Kebutuhan Non Fungsional.................................................................................... 9
1
Pendahuluan
1.1 Tujuan
Dokumen
ini berisi Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) atau Software
Requirement Spesification (SRS) untuk Aplikasi penerimaan Mahasiswa Baru.Tujuan
dari penulisan dokumen ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai
perangkat lunak yang akan dibangun baik berupa gambaran umum maupun penjelasan
detil dan menyeluruh.
1.1
Lingkup
Masalah
SPD adalah perangkat lunak untuk manajemen
data di sekolah seperti biodata siswa, jumlah mahasiswa yang masuk dan cara
Bagaimana menampilkan gambar bergerak di web.
Permasalahan
yang diangkat dalam menyelesaikan pembuatan Sistem inii ni adalah:Cara cepat pendaptaran dan tidak ada Duplikat data
siswa.
1.2
Definisi, Istilah dan Singkatan
Istilah,
Akronim dan Singkatan
|
Keterangan
|
![]() |
![]()
Merupakan
dokumen hasil analisis yang berisi spesifikasi kebutuhan user.
|
![]() |
Institute
of Electrrical and Electronics Engineers, merupakan standar internasional
untuk pengembangan dan rancangan perangkat lunak.
|
![]() |
![]()
Dokumen ini
sama dengan SKPL.
|
![]() |
![]()
Merupakan
diagram yang menggambarkan hubungan
sistem dengan lingkungannya.
|
![]() |
![]()
Diagram yang menggambarkan aliran data dan
proses yang terjadi di dalam sistem.
|
![]() |
![]()
Software
atau tool yang digunakan untuk menyimpan data(database).
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
1.3
Aturan Penomoran
1.5 Referensi
1.6 Deskripsi
Umum Dokumen
Dokumen
ini secara garis besar terdiri dari tiga bab dengan perincian sebagai berikut:
·
Bab
1 Pendahuluan, merupakan pengantar dokumen
SKPL yang berisi tujuan penulisan dokumen, lingkup masalah pengembangan
perangkat lunak, juga memuat definisi, akronim dan istilah yang digunakan serta deskripsi umum dokumen yang merupakan
ikhtisar dokumen SKPL.
·
Bab
2 Deskripsi Global Perangkat Lunak, mendefinisikan perspektif produk perangkat
lunak serta asumsi dan ketergantungan yang digunakan dalam pengembangan sistem.
·
Bab
3 Deskripsi Rinci Kebutuhan, mendeskripsikan kebutuhan khusus bagi sistem penerimaan siswa baru, , yang meliputi kebutuhan antarmuka
eksternal, kebutuhan fungsionalitas, batasan perancangan, atribut sistem
perangkat lunak dan kebutuhan lain dari sistem.
2
Deskripsi Umum Perangkat Lunak
2.1
Deskripsi Umum Sistem
1.PenjelasanDeskripsi Umum Sistem
Pendaftaran Siswa
baru di sebuah Sekolah adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup
suatu Sekolah . Tanpa Siswa, sebuah Sekolah tidak akan bisa berdiri, dan sebailknya, tanpa sebuah
Sekolah, seseorang tidak akan bisa disebut dengan SIswa. Begitupun dengan sekolah (MA, DaRUL MUBTADIIN CARINGIN)”, adalah sebuah
sekolah yang pasti akan berhubungan dengan Siswa. Tentunya, pada awal semester
baru / tahun ajaran baru, (MA, DaRUL MUBTADIIN
CARINGIN),
biasa menyelenggrakan
system penerimaan Siswa baru untuk menunjang kebutuhan dasar dari proses
penerimaan siswa baru. Dalam proses berjalannya system penerimaan siswa baru,
tentu akan membutuhkan sebuah system yang baik untuk menyelesaikan permasalahn
yang ada pada system penerimaan, mahasiswa baru di (MA, DaRUL MUBTADIIN
CARINGIN).
Untuk itulah Saya akan menjelaskan
sebuah system berbasis web yang akan mempermudah proses penerimaan siswa baru.
Dengan system online, akan memudahkan pihak Sekolah maupun siswa baru.
Kebutuhan dari perangkat lunak ini adalah web design yang berisi info, alur
proses dan pendaftaran siswa baru di (MA, DaRUL MUBTADIIN CARINGIN). Dengan
informasi dan pendaftaran. Siswa baru dengan system online diharapkan akan
mempermudah pihak Sekolah dan Siswa.

Siswa
|
Administrator
|
-
Input
data
-
Edit
data
-
Hapus
data
-
Lihat
data
-
File
manager
-
Cetak
laporan
|
-
Masukan
data
-
Mengolah
data Siswa
|
2. Definisi
Actor
Actor
|
Definisi
|
User /
Siswa
|
Actor ini
berfungsi sebagai pengguna data dan menginsert data. Tujuannya adalah untuk
mempermudah melakukan pendaftaran Siswa baru
|
Admin
|
Actor ini
berfungsi sebagai pengolah data seperti menginput, menyimpan, mengupdate dan
mengembangkan data.
|
2.2
Karakteristik
Pengguna
Minimal sebuah tabel dengan Kolom :
Pengguna, Pekerjaan, Hak Akses. Kolom Hak Akses dihubungkan dengan Fungsi utama
yang muncul pada Fungsi Produk
Kategori
Pengguna
|
Tugas
|
Hak
Akses ke aplikasi
|
2.3
Batasan
Adapun batasan masalah system penerimaan
Siswa baru ini yaitu:
Sistem
ini tidak dapat mengakses Siswa yang pindah. Siswa hanya bias daptar melaluli
jalur onilen. Dan tidak membahas tentang keaman Sistem.
2.4
Lingkungan Operasi
Operating system, DBMS.
Aplikasi Client server ini akan berfungsi dengan spesifikasi :
OS :
windows
DBMS : MySQL
3
Deskripsi Kebutuhan
3.1
Kebutuhan Antarmuka Eksternal.
3.1.1
Antarmuka pemakai
3.1.2
Antarmuka Perangkat Keras
3.1.3
Antarmuka Perangkat Lunak
3.1.4
Antarmuka Komunikasi
3.2
Kebutuhan
Fungsional
ID
|
Kebutuhan
|
Penjelasan
|
3.2.1
Diagram Konteks
3.2.2
DFD Level 1
Spesifikasi Proses (P-SPEC)
3.2.3
Data Store
3.2.4
Kamus Data
3.3
Kebutuhan
Data
3.3.1
E-R diagram
3.4
Kebutuhan
Non Fungsional
ID
|
Parameter
|
Kebutuhan
|
Availability
|
||
Reliability
|
||
Ergonomy
|
||
Portability
|
||
Memory
|
||
Response
time
|
||
Safety
|
N/A
|
|
Security
|
||
Others
1: Bahasa komunikasi
|
Misalnya : semua tanya jawab harus dalam bahasa
Indonesia
|
|
Setiap
layar harus mengandung logo PT Pos Indonesia
|
||
.
3.5
Batasan Perancangan
3.6
Kerunutan (traceability)
3.6.1
Kebutuhan Fungsional vs Proses
ID
Kebutuhan Fungsional
|
Nomor
Proses
|
3.6.2
Data Store vs E-R
Data
Store
|
Entity
|
Relasi
|
3.7
Ringkasan Kebutuhan
3.7.1
Kebutuhan Fungsional
ID
|
Deskripsi
|
3.7.2
Kebutuhan Non
Fungsional
ID
|
Deskripsi
|
0 komentar:
Post a Comment